Awas, ISIS di Sekitar Kita!*

Gerakan dan kehadiran ISIS dapat ditemui tidak hanya di Iraq, Suriah, atau wilayah jazirah Arab lainnya. Di Indonesia kehadiran ISIS dapat kita cium dan rasakan adanya. Lihat saja di sekeliling kita, berapa banyak kerabat atau teman yang mulai sering membicarakan wacana pembentukan negara Islam di Indonesia dan dunia. Doktrinasi yang dilakukan di lingkungan sekolah, kampus, dan tempat-tempat ibadah terbukti berjalan efektif hingga saat ini.

Penulis sendiri telah melihat langsung bukti kehadiran pendukung ISIS di Indonesia sejak pertengahan bulan Juli yang lalu. Saat itu, di salah satu media sosial, penulis melihat beberapa teman menyatakan doa dan dukungannya agar ISIS segera membentuk negara islam di Iraq dan Suriah. Mereka yang mendukung ISIS tersebut penulis kenal sebagai pribadi yang baik. Namun memang sejak 1-2 tahun belakangan ini kepribadian mereka banyak berubah seiring dengan semakin giatnya mereka mempelajari Islam melalui beberapa organisasi di sekitar kampus.

Penulis langsung beranggapan bahwa ada kemungkinan dukungan yang diberikan oleh teman-teman penulis sedikit banyak dipengaruhi oleh ilmu yang didapat dari organisasi tempat mereka bernaung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mulai saat ini kita mulai waspada dan bersikap kritis terhadap keberadaan organisasi-organisasi yang membawa nama agama di lingkungan sekitar. Berhati-hatilah terhadap segala ajaran yang membawa-bawa nama agama namun tidak mencerminkan nilai-nilai agama itu sendiri.

 

 

*Dimuat dalam Surat Pembaca Majalah Gatra Edisi Khusus Hari Kemerdekaan (14-20 Agustus 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s