Pendidikan (Inter)Nasional

Sumber : < http://www.gema-nurani.com/wp-content/uploads/2012/02/RSBI.jpg >

Apa gunanya hidup tanpa melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar kita ? Sebagai makhluk sosial, manusia memang ditakdirkan untuk terus menjalin hubungan dengan lingkungannya. Tidak dapat dibayangkan bagaimana jadinya jika hidup di dunia ini dilakukan tanpa interaksi sama sekali. Kosong, itu mungkin jawabnya. Urgensi interaksi dalam kehidupan memang nyata adanya.

Tak ayal, negara yang hadir karena adanya kesatuan antara beberapa manusia di dalam suatu wilayah  juga membutuhkan interaksi dengan lingkungannya. Dunia, lingkungan universal yang di dalamnya terdapat banyak negara dengan latar belakang berbeda-beda, menjadi arena. Negara sebagai aktor memiliki hakikat untuk terus berinteraksi dengan sesamanya di dalam arena tersebut.

Hubungan universal yang terjalin itu sudah ada sejak konsep negara hadir di jaman Yunani Kuno. Tentu pada awalnya hubungan yang terbentuk masih bersifat sederhana. Bentuk interaksi yang terbangun tersebut dapat berupa perang, perdagangan dan kerjasama contohnya. Namun, seiring perkembangan jaman batas-batas geografi yang sempat menghalangi mulai hilang. Kemajuan teknologi menjadi faktor utama hilangnya batas-batas tersebut. Alhasil, dapat dikatakan bahwa kualitas interaksi antar negara di dunia mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan masa-masa awal terjalinnya hubungan universal tersebut.

Kali ini, penulis akan memberatkan pembahasan pada bentuk hubungan universal berupa kerjasama antar negara. Aspek pendidikan menjadi fokusnya. Kerjasama dalam bidang pendidikan menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh semua negara. Perbedaan ras dan budaya antara masing-masing negara menimbulkan adanya keberagaman ilmu dan pengetahuan di dunia ini. Menjadi wajar ketika pada akhirnya setiap negara memiliki hasrat untuk saling bertukar ilmu pengetahuan.

Read more »

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s