Idealisme dan Realitas Mahasiswa Kontemporer[1]

Merdeka !!!

Istilah idealisme yang kerap dipergunakan oleh mahasiswa dalam menjelaskan arti dari “konsep kesempurnaan” ternyata tidak dapat dipahami dengan begitu mudahnya. Memang benar adanya jika idealisme memiliki arti yang sama dengan “kebenaran”, “kesempurnaan”, maupun “cita-cita”. Namun, ketika kata idealisme dilekatkan sejajar dengan mahasiswa, maka hal tersebut dapat menimbulkan ambiguitas dalam hal pemaknaan arti gabungan kata tersebut. Cita-cita maupun konsep kesempurnaan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa juga hadir dalam setiap diri manusia. Secara garis besar, berbagai macam bentuk idealisme pada setiap diri manusia sebenarnya memiliki suatu nilai yang sama, hanya memang konsep pembentuknya yang berbeda-beda.

Ketika kita misalnya membicarakan sebuah materi yang disebut “kursi”, maka bayangan apa yang akan tercipta dalam imajinasi untuk menggambarkan benda tersebut ? Tidak ada jaminan akan adanya kesamaan antara konsep yang dimiliki oleh aktor A dengan apa yang dibayangkan oleh aktor B. Namun, perbedaan konsep tersebut tetap memiliki satu nilai bersama, yaitu kursi yang dapat digunakan untuk duduk, memiliki ‘kaki’, dan digunakan untuk mengurangi rasa lelah ketika manusia terlalu lama berdiri.

Contoh diatas dapat membantu kita dalam memahami makna dari kata idealisme itu sendiri. Sebuah cita-cita dan tujuan sempurna yang dimiliki oleh setiap manusia, tanpa terkecuali, menghadirkan adanya berbagai macam metode untuk mencapai idealitas tersebut. Realitas yang ada saat ini menyiratkan bahwa, ternyata idealisme dalam diri manusia tersebut masih nyata adanya. Kegiatan berpikir untuk mencapai suatu taraf hidup yang lebih baik – dengan ukuran taraf “hidup baik” yang berbeda-beda tentunya – merupakan sebuah nilai idealisme yang pasti dimiliki dan dijalani oleh setiap manusia. Jadi, idealisme yang dimiliki oleh mahasiswa dapat dikatakan merupakan hal yang juga dimiliki oleh setiap individu yang tidak termasuk golongan “mahasiswa”

Read more »

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s