Pengenalan dan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Era Informatika

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang pertama kali muncul dalam pidato Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Kehadiran istilah pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 tersebut dapat dikatakan merupakan sebuah "kesimpulan" dari apa yang ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Nilai-nilai Ketuhanan, Kebangsaan, Internasionalisme, Musyawarah untuk mufakat dan kesejahteraan tersebut tidak serta merta lahir dengan sendirinya. Nilai-nilai tersebut pada dasarnya sudah hadir dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bahkan sejak Indonesia masih mengalami masa penjajahan fisik oleh negara-negara asing.
Dewasa ini nilai-nilai pancasila dapat dikatakan semakin dilupakan keberadaannya oleh masyarakat, khususnya pemuda-pemudi Indonesia. Keberadaannya yang sudah semakin dilupakan menyebabkan tidak adanya pemahaman secara mendalam lagi terkait dengan nilai-nilai dalam pancasila itu sendiri. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan degradasi pemahaman pancasila saat ini. Derasnya arus globalisasi, adanya pandangan negatif terhadap pancasila sebagai efek penerapan P4 pada masa Orde baru, hingga terjadinya perubahan sistem pendidikan nasional menjadi contoh beberapa faktor yang ikut mempengaruhi degradasi pemahaman pancasila.
Arus globalisasi yang semakin besar menjadi salah satu faktor utama terjadinya degradasi pemahaman pancasila pada sebagian besar generasi muda Indonesia. Perpindahan manusia dan jasa antar negara semakin mudah dilakukan. Informasi terkait hal-hal yang terjadi di seantero dunia dapat dengan mudah diketahui oleh masyarakat lokal suatu daerah. Kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi tersebut merupakan salah satu dampak positif dari globalisasi. Namun informasi yang didapatkan dengan mudah tersebut sering kali tidak diikuti dengan sikap bijak dari generasi muda dalam menanggapinya. Sudah seharusnya generasi muda Indonesia memiliki filter sebagai penyaring berbagai informasi yang diterima.

Read more »

Advertisements

One thought on “Pengenalan dan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Era Informatika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s