Mei 1998 – Mei 2010

okee akhirnya gw nulis blog lagi setelah hibernasi beberapa lama -__-

kali ini ane bakal bahas mengenai Tragedi Mei 1998 yang ga kerasa udah 12 tahun kejadiannya..sampe sekarang entah kenapa kasus – kasus pelanggaran HAM yang terjadi saat kerusuhan Mei 1998 ataupun setelah Mei 1998 TIDAK PERNAH DIUSUT SECARA TUNTAS oleh pemerintah mengenai siapa yang bertanggung jawab terhadap pelanggaran – pelanggaran yang terjadi ataupun keberadaan sebenarnya dari mereka yang dihilangkan pada masa itu

Total jumlah aktivis yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya setelah di “sulap” saat itu berjumlah 13 orang. Keberadaan mereka,entah masih hidup ataupun sudah meninggal,entah dimana keberadaan mereka saat ini tidak ada yang mengetahuinya. Saya jadi ingat beberapa saat yang lalu saya menonton sebuah film dokumenter di kampus saya, di film itu terdapat cuplikan wawancara dengan salah seorang orangtua dari aktivis yang hilang tersebut. Mereka sebenarnya hanya ingin mengetahui dimana keberadaan anak mereka,ataupun jika sudah wafat maka mereka ingin tahu dimana makam anak mereka agar tercipta sedikit ketenangan di dalam hati mereka.

Memang jika mengingat kerusuhan yang terjadi pada bulan Mei 1998 saat itu di beebrapa daerah jelas memberikan gambaran tehadap kita bagaimana sebenarnya “wajah” TNI pasa masa itu. Penanganan aksi demonstrasi dengan cara kekerasan, penculikan beberapa aktivis, dsb semakin mempertegas “wajah” TNI saat itu.

Mei 1998, penuh dengan kejadian – kejadian yang dapat dikatakan menjadi tonggak reformasi Indonesia, penuh dengan kerusuhan – kerusuhan yang sebenarnya merupakan ungkapan kekecewaan masyarakat terhadap pemerintahan Orba saat itu. Mei 1998 akan selamanya dikenang oleh Bangsa ini sebagai bulan dimana seluruh masyarakat Indonesia bersatu untuk meruntuhkan Rezim Orba yang sudah terlalu lama berkuasa. Mei 1998 akan terus dikenang oleh beberapa orang sebagai bulan dimana orang – orang yang mereka cintai satu persatu hilang ditelan bumi..

Tuntutan saya, mungkin bahkan kami sebagai Mahasiswa saat ini salah satunya adalah USUT TUNTAS pelanggaran – pelanggaran HAM yang terjadi saat itu. Berikan sangsi yang tegas kepada siapapun yang terlibat. Kami menuntut keadilan dan penegakan hukum disini. Kami menuntut agar pemerintah juga menjalankan agenda reformasi dengan sebaik – baiknya. Tolong..jangan membuat kami kecewa terlalu dalam kepadamu wahai penguasa. Tolong jangan paksa kami untuk sekali lagi mengulangi kejadian Mei 1998 suatu saat nanti.

Beberapa foto kerusuhan Mei 1998 :

Sumber gambar : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4059817, http://www.kampungtki.com/wp-content/uploads/gedungdprmpr.jpg, http://ifa18.files.wordpress.com/2010/01/mei_1998b_3.jpg, http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4063598

Mohon maaf jika terdapat beberapa kesalahan ataupun pernyataan – pernyataan yang dirasa menyinggung ^^

MERDEKA INDONESIA
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s